Selasa, 28 Februari 2012

Kebiasaan Salah Yang Memicu Munculnya Jerawat

Jerawat / Acne (Gambar : skincareteam.com)
Mempunyak kulit wajah bebas jerawat merupakan keinginan setiap perempuan. Jerawat identik dengan masa pubertas dan remaja. Tetapi usia 30 tahun pun tak luput dari jerawat bahkan bisa lebih berat dari masa remaja. Pada saat remaja jerawat hanya tumbuh di wajah tetapi saat usia 25- 40 an jerawat bahkan muncul punggung, leher, pundak, dan tempat lain.
Berikut Kebiasaan yang salah yang memicu munculnya jerawat atau acne :
1. Penggunaan make-up pada saat berolahraga 

Kebiasaan yang salah yang dilakukan wanita adalah membersihkan wajah setelah melakukan aktivitas atau olah raga. Padahal yang seharusnya di lakukan adalah membersihkan wajah sebelum berolahraga sehingga pada saat berolahraga partikel debu,

2. Sering meraba-raba daerah muka 
Kita biasanya melakukannya dengan tidak di sengaja tak sadar , tetapi dengan membasuh keringat di wajah dengan tangan memicu tumbuhnya bakteri dan pada keadaan lanjut menyebabkan infeksi di karenakan keadaan angan kita tidak selalu dalam keadaan bersih ketika memegang atau meraba daerah wajah.Memencet jerawat yang baru muncul juga perilaku yang tidak dapat di benarkan karena akan memicu infeksi pada darerah yang berjerawat dan bisa menimbulkan bekas yang sulit hilang pada wajah.

3. Malas membasuh muka 
Setelah melakukan aktivitas segeralah membersihkan wajah anda. Dengan aktivitas fisik akan membuat panas pada tubuh, sehingga menyebabkan keringat keluar bercampur dengan minyak di permukaan kulit wajah. Hal tersebut akan mengakibatkan tersumbatnya pori-pori

4. Membuat wajah terlalu kering 
Sering menggunakan membersihkan wajah dengan busa sabun akan mengurangi kelembaban kulit wajah. Hindari membersihkan kulit yang berminyak dengan pembersih yang berbahan keras, sabun, atau scrub berbahan alkohol, resikonya akan terjadi iritasi.

5. Stres 
Pada saat stress produksi hormon stres (kortisol) akan berlebihan yang akan merangsang produksi minyak berlebih dari kelenjar sebum di dalam kulit. Jika kelebihan minyak kemudian bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri, Pertumbuhan jerawat akan bertambah besar dan akan memperparah jerawatnya.

6. Ponsel 
Menggunakan ponsel atau handphone dalam jangka waktu lama akan menahan bakteri lebih lama pada kulit wajah dan memicu masuknya bakteri kedalam kulit wajah Bakteri tersebut inilah akan membuat kulit wajah mudah berjerawat.Bila faktor-faktor diatks sudah di hilangkan tapi masih muncul jerawat. Di mungkinkan masih ada faktor yang lain seperti perubahan hormonal (menstruasi, hamil penggunaan pil KB), penggunaan obat-obat tertentu, alergi, dan faktor genetik.

Kebiasaan Salah Yang Memicu Munculnya Jerawat 9out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

1 komentar: